Sunday, April 23, 2017

Eminence Front

The Eminence Front
by : Tanoko Prawira

Hey, it's me again writing for my own life story. It's been almost 5 months since that "liberation day" and I'm trying to be happy as i could, but sometimes there's still a things that haunt me. Just like Loneliness, loneliness has followed me into the road, bars, I'm damned and it looks like i got my own damnation by this loneliness. I knew I'm such a loner, kinda like being alone for some reason while everyone's so busy on the other places. But i can't do that for the rest of my life isn't it? maybe this is some kind of effect that occurred because what's that snake did to me. Another Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
my friends said that i shouldn't think about that too much, because it might kill me slowly, and i guess it's right, that moment when i felt so tired and angry by her terrorizing act (even she's not doing it personally) i bleed my hand by punching three layers of ceramics that i stole from park's bench on my campus. I hate myself for doing that, but really? how can somebody do a lot of bad things to me, even when i decided to leave her. is it all the things she does to me isn't enough for her? or she wants to makes me just another "target shooting" for her anger and disappointment of her last relationship that failed because she's got too much egoistic stuff on her. One day i burned all the stuff she gave to me (letters, memo, etc) that i knew it's just a bullshit words that she wrote to makes me feel safe hahaha. I put that on my own snap story on Instagram, and guess what? it's not even reached five minutes and she's already send me a message, you know just another terror message from her, i don't wanna run from her so i confronted her back, i ask her why, why she did all of those things that makes me angry, she can't even answer that question. How pathetic isn't it? and guess what she's don't even look at my snap story, it's their friends that keep gathering any information to her. so i got a mole, now it all make sense why i saw them "a lot" on the library, on the cafeteria, on the corridor, on the park, everywhere on the campus. Turned out they're spying on me. For fucking god sake, i never disturbing their life, but why they're doing that? i mean we're used to be friends but just because one person that doesn't have any brain anymore, they just doing that things. It's like my life now with my ex it's none of their business, thanks a lot for showed me that everything is full of shit, including all those person, A WHOLE GODDAMN GANG! so if you guys reading this, i hope all of you grown up. Because y'all acting like a 12 years old kid. Thanks a lot RDJ, HH, SR for your intervention on my life, could you guys just kill me after all, besides making things more complicated by your own hands?

Anyhow, thank god there's still someone cared about me, no i don't wanna mention his/her name, but everything was different right now, you know? there's a lot of unexpected things that makes me happier than before and it's right, there will be a rainbow after heavy rain, the rainy day should be over, because those snakes doesn't terrorizing me anymore. and there's someone that makes me feel calm and i can be myself again whenever I'm alone with her, especially when I looked her in the eyes. I don't know why, but it was a black and white days before she came, you know i tried to fight those snakes terror even after the break up, and thank god, i passed it! and it's successfully made me as a cold person, my friends said i should be happier and cheerful, but still too much hatred and anger on me corrupted myself. it turned me into something darker. but she came without any plan, and it was one of an unexpected things i told you before. slowly she changed me back into the old me that likes to making fun of something and cheerful person. Thanks a lot for helping me through these hard times, you know? sometimes you got tired anyway by all of the things that happened on your life, even I'm tired for my band's business, I'm tired playing on stage, i'm tired do my rehearsal. but i knew one thing, it's not I'm tired because of my music stuff, but i just wanted the drama is over, the snakes can keep her mouth shut.  So i can live my own life happier than before. Because happiness is real, when you can share it to everyone else. And like I told you before, I'd rather die for something than live for nothing, so mark my words, i will not vanish and you will not scare me. No matter how hard you're gonna terrorizing me or spreading bad words and fake news about me, you're not gonna kill me. And look at now, looks who's scared to see me or hanging around on campus if all of your words are truths ?
And if i got closed to another girl, what kind of law she got to forbids me? what a schmuck isn't it?
Thank god my bands got a lot of work to do these days, thank god i still got my own third family, thank god I'm still alive by now.
but sadly my addiction to cigarettes doesn't decreasing very much :(
but i guess it's better than increasing, right? haha
see you guys on another post!

-The Man Who Sold The World-

Saturday, February 18, 2017

The Ace in the hole

                        THE ACE IN THE HOLE
                            by : Tanoko Prawira



it's clear that every man should have his own will, entitled by the sweat on his brow. Because a Man CHOOSE, and a Slave OBEYS really, how could someone held me in another prison state of mind, it's like something that killed my own character. and slowly changing my line. that's what happened for the past 6 months. in the beginning it was a colorful days, for sure. nothing to worry about, everything just fine, and there's only a smile from a young boy that licking his candy every noon'

But sadly, it's just about time, when everything was revealed, she's just revealed her true self and without any hesitation deep down she stabbed my back. I don't know why on earth she could did that to me. The moment when that incident happened, it was  really a stressful things. I was wrong and i was stupid back then, for giving her a second chance. Nah it's not stupid it's a kind thing giving someone any second chance, but really. how can a man stand tall when there's more than a second chance and still, there's no difference at all from herself. After that strange night that someone i really hate about came to me and talk to me like we're just an old pal, i smashed his face out, because i thought that he's the one that responsible that makes my relationship wrong. But, it's a totally wrong. days by days week by week has passed, i thought it's just will stop after that crappy incident that revealed what she's doing when i'm not around. Guess what? I discovered a lot of crazy facts about her, and yes it is there's a lot of secret as the time goes by, has been revealed, for example one month after that punch, she said that she wanna go to some kind of work with her friend, but she's not mentioned that she was working with the person I've smashed in his face, she told me when i saw his name on her phone, and you know what happened next? my friend gave me some picture that they're being together, sitting on a couch, watching some kind of video i don't know, and guess what? her hand was on his lap. I don't know what did i do wrong, but really, it sucks when you're trying to be a nice and loyal person, but everything you got just another traitorous act. turns out it's HER. that makes her own hell, it's HER that playing and do some victim blaming while the reality says that, she ain't the victim. one day i even saw the conversation between her and some boys, i knew who's the boy is. and they're used to be have an affair long time before she came to me, and you know what? it's just contained some kind of flirting and seductive talks for something they want. really? what did i do wrong to the other, or myself, til' i get this kind of nympho?

that moment i really wants to ditch her, and guess what, she doesn't wanted me to ditch her. she wants me to give her another chance, guess what? there's already 3 chances i gave to her, but still no difference at all, just another secret that i discovered later on. The fact that she's too overprotective about me. is busting my ball's too.
i was fell asleep, but she thought that i was hanging out with another girl. Really? i'm not her, if i wants to hanging out with another girl, i'll say it directly not secretly hanging out with another boy or maybe sleep with him too, yeah maybe i'm not accusing someone, it's purely some kind of speculation.

from that moment, it's a moment that changed my life forever, a young boy that licking his candy turned to be an adult's that smoking his cigarettes. I don't know, whoever turned me like this, please be aware that there's always a Karma for something like that. the point is, I'm a SUBJECT not an OBJECT. no one can told me how to live or how to act, or believe that she/he owns me, NOBODY. including her. just because she's nice and often to bought me something and gave me something, doesn't mean she owns me and can do everything she likes about me, because it's look like i'm just your Ace in the Hole, your secret weapon when people that you cared the most doesn't care about you anymore, you came to me hoping you'll find some affection that you need the most. It's like that from the beginning isn't it? you can't even completely erased your first Ex "kindness" that changed your life forever. but you don't want to be alone, so you came to me, but something's happened, you think that i'm one of your property. but no. i have my own freedom.

you're always asking me about why'd i "Dump" you, you said i was leave you behind. But really, you're the one that dump yourself from me, because of your ego and your attitude. Oh yeah if you think that i want to hit another girl, you're totally wrong, on some coincidence i was watching some gigs with my friends,but on the road i got left by my friends because he's too enthusiast about the gig, when i arrived there's nobody i knew, and my friend was missing, on the same coincidence, i met her, and she's looking for her cousin's too because there's too much crowd, so I asked her to accompanying me, and she does accompanying me because it's just a friend.  and you're not coming with me because you're attended your family gathering but you don't like it when i wanted to hanging out with my friends,  so i'm just go after all because they wanted me to come. oh yeah i got close with that girl since that gig as a friends, i don't have any intention to hit her, because we both the same kind of missing our "friends" in the crowd.And we spent that night til the music was over, and nothing happens after that.  and you know what? it doesn't makes me wants to hit another girl. And yes, i have my own rights for my own happiness.


best regards:

The Man Who Sold The World


Thursday, January 21, 2016

Lonerism is not an act of crime!

It's been more than 7 months since i broke up with her. My life never been the same anymore, now. Already moved on, and i'm just like "geez girl, do what you fucking want but don't ever disturb me" and you know what happened? Bad things about me spreads informed that i'm just a god'damn playboy, pervert and some kind of jerk. Well fuck off, it makes trouble for looking for another girl. Yeah thanks a lot for the gossip that you're spreading across college. Even though i knew who's responsible for all of this .  Days by days, months by months, until 2015 has passed by, it's a golden year for me (even it has bad memories on it) so, i searching for the new meaning of life. For me, myself, and I. I traveled to many place, i took this lonsome road all by myself. Nobody can understand how deeply lonely i am. I'm a loner in fact since i was six years old, but this is madness, nobody can stay on this condition for a long time. I drink, and drink with my buddies, i'm not drunk. They said it was really an escape for all kind of problems, nah. I don't think so, i can't see the escape in that habit. My friends said that i was changing since that broke up, but that's bullshit. I'm not changed i'm just revealing my true self. I'm tired for hiding. My search for a new meaning of lifes, continue when i've met this girl. But i know since the beginning that girl like this can't promise you something. So i locked myself in my room, trying to understand. What the heck i should do with my life? I seldom to visit my friend, i'm not very talk active, i'm trying to reborn. My hairs grown longer, i'm not shaving my beard. I'm on meditation to something new! And it works kind of my stress has reduced i am happier, i could control my emotion and my temper' so here i am, a loner that doesn't known as a loner. 

Thursday, September 17, 2015

(article)





GO-JEK. Ancaman atau Penyelamat?
by : Tanoko Prawira






Belakangan ini sering kita lihat fenomena ojek yang bisa dipesan secara online entah itu Gojek ataupun Grabbike. Gak jarang juga kita lihat di berita sering ada tukang Gojek digebukin atau di intimidasi oleh tukang ojek pangkalan. Karena gue pribadi orangnya gak gampang percaya kalo gak liat buktinya langsung. Jadinya gue ngelakuin observasi di lapangan. Target operasi gue daerah sekitaran Kalibata yang notabene nya adalah "Red Zone" nya tukang gojek tapi sekaligus itu deket rumah gue. Jadi gue ngamatin di jam-jam sibuk, gue ngeliat tukang gojek lewat, ah gak diteriakin tuh, gak disetopin tuh jadi menurut gue berita yang beredar itu tapi sih pas gue liat di depan stasiun kalibata ada spanduk yang bertuliskan "GOJEK DILARANG CARI PENUMPANG DI SINI!! tertanda Ojek Pangkalan Stasiun Kalibata"

Pengamatan yang gue lakuin membuat gue makin penasaran. Jadi gue nyoba mesen gojek bareng temen gue tapi arah kita beda. Pas driver gue udah nyamperin gue, sebut aja namanya Mas Wahyudi. Gue pun melakukan beberapa wawancara singkat sambil ngobrol di Jalan. Gue bertanya ama dia apa emang bener kalo tukang gojek sering di intimidasi oleh ojek pangkalan.
"Ya saya sih gabisa nyalahin mereka mas karena mereka ada benernya juga, meskipun cara mereka itu salah ya ngelakuin tindakan anarkis kayak gitu" sahut Mas Wahyudi.
Gue pun bertanya lagi "emangnya kenapa mas? kalo saya kira sih mereka sirik gitu susah dapet pelanggan"
"Kalo saya lihat dari sudut pandang ojek pangkalan ya mas karna saya juga dulunya ojek pangkalan juga. Sebenernya mereka itu kesel apalagi gak semua tukang gojek mikirin itu mas, pasti kesel kan nunggu lama, tiba-tiba diserobot tukang Gojek, saya juga kesel sih kalo gitu"

Kata-kata Mas Wahyudi membuat gue tersadar kalo tukang ojek juga manusia. Mereka juga pengen ngerasainhidup sejahtera apalagi dengan munculnya tukang Gojek yang serba modern bikin mereka terancam akan eksistensi mereka. Lambat laun populasi ojek pangkalan bakalan keganti sama ojek yang modern. Dan itu yang mereka takutkan.
 Jadi kesimpulan yang bisa gue ambil dari hal ini adalah, kedua belah pihak salah. Satu dengan dengan peralatan modernnya terkadang tidak mempunyai sopan santun kepada sesamanya yang bisa dibilang "sesepuh" sementara dilain pihak, satu takut mereka bakal punah dan juga mereka gamau nyoba hal baru yang sebenernya lebih praktis dibandingkan cuman nunggu ber-jam-jam tanpa hasil yang pasti. Jadi bisa dibilang gojek ini adalah masa transisi, dimana gak semua hal yang dibikin  modern bakalan lancar-lancar aja. 

Wednesday, January 21, 2015



RADIO RUSAK
By : Tanoko Prawira



    Dipukul-pukul kotak itu, di utak-atik kabelnya. Hari memang masih subuh, tetapi Joko masih saja mencoba memperbaiki radio bapaknya yang rusak.
“Kak Joko, Kak Joko….lagi ngapain sih?” Tanya Irfan adik Joko
“Biasa dek, kemaren ini nyala kan, tapi kok hari ini gabisa dinyalain, maklum lah barang tua…” sahut Joko
“yah harusnya kakak beli radio yang baru dong, kan duit kita banyak, ngapain sih radio gembel masih aja dipake…emang gabosen apa masih diputer-puter gitu kalo nyari sinyal”
Joko secara acuh terus mengutak-atik radio tua bekas milik ayahnya itu tanpa menghiraukan adiknya yang bawel. Di matanya, adiknya terlihat hanya komat-kamit.
“Ah kak Joko diajak ngomong budeg amat, mending dedek mandi ah entar telat sekolah, hufft..” sahut Irfan sambil beranjak dan banting pintu kamar.
“yaudah sana mandi deh ah biar gak telat ke sekolah” jawab Joko datar.

   Joko memperhatikan radio itu, terlihat usang, rapuh, tetapi benda itu memiliki kenangan baginya yang tidak mungkin dia lupakan. Hal itu membuatnya melamun untuk beberapa saat sampai seketika dia mendengar suara dari arah dapur.
“Jok, mandi nak udah siang nih, nanti telat ke sekolah!!!” sahut suara itu
“Iya ma, bentar lagi tanggung lagi betulin barang” sahut Joko
Joko terus mengotak-atik radio itu, sampai akhirnya radio itu menyala lagi. Joko pun menyetel saluran favoritnya.
“nah udah bisa kan, taunya cuman kabel colokannya nih mulai kendor…” sahut Joko dalam hati
Joko menuju kamar mandi abis melihat adiknya sudah berdiri depan pintu kamarnya hanya memakai handuk.
****

Setelah menyantap sarapannya, Joko pun cium tangan kepada ibunya dan pamit
“Ma aku ke sekolah dulu ya…”
“iya Ko, nih duit bensinnya buat hari ini…” sahut ibunya sambil menyodorkan beberapa lembaran 20 ribuan.
“ Wah ma, gausah deh, masih ada kok sisa duit kemaren…lagian masih banyak bensinnya” jawab Joko sambil tersenyum.
“yaudah hati-hati ya nak, jangan pulang malem-malem…” sahut ibunya.

   Joko pun menyalakan motornya dan berangkat ke sekolah. Sepanjang perjalanan dia mencoba mengingat apa saja yang dia lakukan dengan bapaknya saat masih kecil. Jauh…sebelum adiknya Irfan  lahir. Joko ingat ketika dia dibelikan bapaknya mobil Remote Control yang dulu barang mewah buat anak-anak. Joko bingung kenapa sih dia gapunya Bapak, Dia pernah nanya ke Ibunya tapi Ibu Joko bilang bapaknya sudah wafat. Tiap Joko Tanya sebabnya Ibunya gapernah mau jawab. Kadang Joko iri sama anak-anak yang lain yang keluarganya lengkap.
  Sampai juga Joko disekolah, saat parkir motor dia disapa temen sekelasnya, Alfred.
“Wey…Joe tumben gadateng telat lo hahaha, ayolah ke kelas nyalin PR-nya Bu Endang, gue belom ngerjain nih!” sambil menepuk pundak Joko.
“Hah..? PR yang mana fred? Perasaan gaada PR deh…”
“yang dicatet di Papan tulis itu yang soal Statistika, hayoloh…udahlah nyontek aja” sahut Alfred dengan nada nyeleneh.
“OH IYA! ANJRIT GUE BELOMAN…AYOK BURUAN!!!!” sahut Joko dengan panik.

Mereka berdua ke kelas dengan terbata-bata.
***
  Bel istirahat pertama berbunyi. Murid-murid SMA keluar dari kelasnya dengan muka gembira, tidak se-gembira saat jam pelajaran.

“Eh Joe, ke kantin yok gue laper nih belom sarapan…” sahut Alfred.
“Yaudah ayok deh tapi ke toilet dulu ya gue pengen kencing nih…” jawab Joko
“Halah bilang aja biar lo lewatin kelasnya si Siska kan, hehehehe…” Sahut Alfred dengan muka minta ditonjok.
“Sembarangan lo, jangan suka gitu dong gaenak ama yang laen…entar gossip” jawab Joko dengan muka memerah.
Tanpa disadarin, saat dua cowok itu ngobrol di koridor…tiba-tiba sesosok cewek dengan rambut panjang yang tergerai lewat. Ternyata itu Siska, Cewek yang disukain Joko…tetapi sayangnya Joko kaku kalo deket cewek. Padahal reputasi Joko di sekolah termasuk yang bandel dan diseganin.
“Hai Joko….” Sapa siska dengan senyuman yang bikin cowok melting dan seketika khilaf.
“ehh…iya Sis walaikumsalam..” Jawab joko dengan salting.
“ih apasih…emangnya gue tukang jualan di Instagram lo panggil sis” sahut siska dengan canda.
“Tau..bego lo cewek cakep gini lo samain ama tukang jualan online” sahut Alfred.
“Lau Sokap sih? Gausah sok akrab deh ama gue” jawab Siska dengan ketus.
“Lah ka, lo cakep tapi mulutnya sadis….” Sahut Alfred dengan merengut.
“Hahaha becanda Fredo, jangan nangis ya…eh Jok, besok temenin gue yuk nyari buku hehe….” Jawab Siska.
“Hmm…gimana ya gue liat besok dulu deh…kayanya gabisa” jawab Joko dengan malu
“Ayok ka, mau jam berapa besok???” sahut Alfred dengan semangat.
“Kok lo yang nafsu sih fred? Tai kucing!” Jawab Joko.
“Tadi lo bilang gabisa, tolol….” Sahut Alfred sambil nyengir.
“Bisa kok besok, kabarin gue aja kalo jadi ya ka…” jawab Joko.
“Okedeh Joko, malem gue kabarin ya kalo jadiii hehehe…” sahut Siska.
Kedua cowok itu pun jalan ke kantin. Sementara Siska kearah toilet.

***
   Joko sampai dirumah dengan tubuh penuh dengan bau asap rokok. Joko sebenarnya bukan seorang perokok aktif yang tiap hari mesti ngerokok saking kecanduannya sampe mukanya harus dipajang di billboard iklan rokok bareng gambar tengkorak pake tulisan “Merokok Membunuhmu” tapi kadang ada kalanya Joko ngerokok kalo lagi ada beban pikiran. Sementara temen-temen tongkrongannya perokok aktif semua. Sampai di kamar Joko tiduran di kasurnya dan nyalain AC, Joko melihat sekeliling kamar dan melihat ada yang ganjil. RADIO BUTUT MILIK BAPAKNYA GAADA DI MEJA KOMPUTERNYA!
 “Maaa,…Radio bekas Papa yang ada dikamar Joko ada dimana ya?!!!”
“ada disini Ko, Mama bingung ini radio rusak kok bisa kamu betulin lagi “ sahut ibunya.
“Oh yaudah, balikin dong ke kamar Joko..”
Ibunya pun menghampirinya dari ruang tamu.
“Aduh…apaan nih kamu bau rokok semua ckckckck…udah kayak apaan aja, cepetan mandi Ko, Mama gasuka ya dikasi duit jajan cuman buat ngisep racun doang! Cari duit sendiri sana deh, Buka reparasi elektronik kek, cocok…radio butut aja bener lagi” teriak ibu joko dengan penuh tensi.
“Apaan sih ma, yang ngerokok temen, bukan Joko…lagian Joko juga minta ama temen kalo ngerokok, gapake duit jajan” jawab Joko dengan reseknya.
“Tetep aja kamu ngerokok, udah ngisep racun pake minta lagi gamodal amat!”
“iya iya deh ah bawel…” sahut Joko yang menuju ke kamar mandi.

Di kamar mandi Joko sejenak berpikir, Sebenernya gapantes emang dia ngomong gak sopan gitu ke ibunya. Cuman kadang Joko suka kesel sendiri gasalah apa-apa tapi dinyolotin. Tapi di pikirannya dia gacuman soal kata-kata ibunya yang dipikirin. Tapi dia juga mikirin Siska, kok cakep banget.

***
 Malamnya, Joko nyetel lagu metal pake suara gede di kamarnya sambil jingkrak-jingkrak. Keributan itu memancing Ibunya yang sedang mengaji di ruang tengah rumahnya.
“Masya Allah Joko….malem jumat ini malem pengajian, nyetel lagu setan…” sahut ibunya menasehati.
“Apaan sih ma, Malem jumat mah sunnah rasul bukan ngaji, udahlah ngaji pake headset aja sana biar gak keberisikan”
“Kebalik, ada juga kamu yang make headset…bukannya belajar malah males-malesan, matiin Ko, kasian adek kamu lagi ngapalin doa mau makan” jawab Ibu joko dengan sabar.
“Yaelah kayak kepake aja tuh doa, entar juga kalo udah gede makan gabaca bismillah” jawab Joko dengan sarkastik.
“Udahlah capek mama ngasi tau kamu, mending kamu solat isya deh terus tidur”
“besok sekolah libur ma, gurunya rapat….” Jawab Joko.
“yaudah atur deh seenak kamu” jawab Ibu sambil melengos.
Tiba-tiba Hape Joko bordering, menunjukan notif chatdari seseorang. Joko pun mengambil hape nya dan mengecek siapa yang mengirim.
“WOY JOE, BESOK JADI JALAN GAK NIH? GUE NGAJAK SIHAB YA” ternyata cuman chat dari Alfred. Joko males, dia kira chat yang barusan masuk dari Siska. Enggak lama hapenya bunyi lagi dan nunjukin chat sengan pesan :
“JOKO…BESOK JADI KAN TEMENIN GUE NYARI BUKU, HEHE…GUE TUNGGU JAM 8 PAGI YAA
:D”
Tanpa sadar Joko loncat-loncat di kasurnya sambil teriak. Ya sebelas dua belas lah ama orang yang kesurupan di acara uji nyali. Joko nyoba tidur, tapi kayaknya susah banget dia tidur, bolak-balik Joko buka hapenya dan liat chat dari Siska, tapi Joko gabales chatnya.
***
Besok paginya, Joko lagi starter motornya, ibunya ke teras rumah dan bertanya
“Loh, tumben libur bangun pagi, mau kemana sih?” sahut Ibu bingung.
“anu…ma…mau nemenin Alfred nyari burung di pasar ikan…” jawab Joko dengan asbun.
“hah? Nyari burung di pasar ikan, Joko kamu make narkoba ya?” jawab Ibu.
“enggak kok ma, maksudnya nyari sarapan di daerah Menteng…hehe”  sahut joko nyengir.
“oh yaudah mama nanti jam 11an mau jalan ya, biasa lah urusan kantor…” jawab Ibu.

Joko pun melesat dengan kencang ibarat maling jemuran kepergok warga. Saking enggak mau nya telat akan permintaan gadis pujaan. Padahal baru jam setengah tujuh pagi, sementara janjinya jam 8 pagi. Sampai di rumah Siska Joko membuka hape dan ngechat Siska dengan sok datar.
“SISKA, GUE UDAH DEPAN GERBANG LO NIH”
“HAH? KAN JAM 8 PAGI JOKO, SEKARANG MASIH JAM 6 GUE BARU BANGUN -__-“ jawab siska.
“OH IYA YA GUE LUPA…SIS” jawab Joko tengsin.
“YAUDAH LO MASUK DULU DEH YA KERUMAH, GUE MANDI DULU JOK” jawab siska
Joko mengetuk gerbang sambil teriak asalamualaikum walaikumsalam. Sesosok bapak-bapak bertubuh kekar dan berkumis keluar dari pintu garasi dan menuju gerbang.
“Siapa ya ada perlu apa ketok-ketok gerbang?” sahut bapak-bapak itu.
“eh…iya om, Siska nya ada gak? Kemaren katanya minta anterin ke toko buku..” jawab Joko
“Ada di kamarnya, ayo masuk dulu saja tunggu di ruang tamu!” dengan ketus.
“siap komandan! Eh om….” Jawab joko kaget.

Joko pun masuk ke ruang tamu dan duduk di sofa. Dia tanpa sengaja melihat radio tua…hampir mirip seperti punya Bapaknya dulu. Lalu dia memegang radio itu sambil mengamati.
“Radio sudah rusak itu, dari jaman saya masih berpangkat Mayor….padahal itu kesayangan saya” sahut Bapak-Bapak itu nyamber.
“eh iya om, maaf gatau nihhh” jawab Joko kaget dan langsung meletakan radio itu.
“Kamu kayaknya tertarik sama barang antik ya?” sahut Bapak-bapak bingung.
“Bukannya begitu om, Bapak saya punya yang mirip  kayak gini, boleh saya utak atik gak om, siapa tau bener…” Jawab Joko menjelaskan.
“Coba aja asal jangan kayak di Film Warkop aja jadi meledak” sahut Bapak-Bapak ngelawak.
Joko pun membongkar radio itu, dilihat ternyata permasalahannya sepele, Kabel colokannya meleleh dan harus diganti.
“nih om, kabelnya tuh kebakar, ganti aja yang baru..pasti karna konslet nih” Sahut Joko sotoy.
“Mana coba liat, oh iya bener juga kamu….hmm nanti deh kalo sempet” Jawab Bapak-Bapak dengan senang.
Tidak lama Siska keluar dari pintu kamarnya dengan rambut masih basah. Joko memandanginya sambil melongo.
“Joko kenalin nih bokap gue, tentara loh awas disetrap” sahut Siska
“Oh iya udah kenal kok ka hehehe…” jawab Joko.
“Kamu kalau mau ngelamar anak saya minimal pangkatnya letnan satu ya” sahut Bapak Siska
“ih, Papa apaan sih… gajelas” sahut siska bête.
“Mau jalan sekarang sis, apa entar aja?” jawab Joko.
“Sekarang aja deh ah belom buka palingan toko buku”  jawab siska masih bête.
“Yaudah deh Om pamit dulu yaa…” sahut Joko sambil cium tangan ke Bapaknya Siska.
“jangan malem-malem pulangnya, awas pulang malem om lempar pake sepatu dinas” Jawab Bapak Siska.
“Enggak kok om tenang aja, saya juga gaberani lama-lama ama Siska takut salting....”
“Udah pa, icha jalan dulu ya” sahut Siska.
“haha icha….ADUH!!!” Joko dicubit oleh Siska.
“kenapa emang? Aneh panggilannya? Gasuka?” jawab Siska makin bête.

Mereka pun berangkat ke toko buku yang dimaksud. Pas nyampe tiba-tiba hape Joko bunyi ada yang telpon. Joko bergegas mengangkatnya, ternyata dari ibunya Joko.
“Hallo…kenapa ma?”
“Ko, ini ada temen kamu si Alfred sama Sihab, daritadi jongkok depan pager rumah katanya nungguin kamu, gimana katanya nyari makan ama Alfred…” jawab ibu.
“Aduh lupa ditelpon, yaudah bilang aja ma suruh nyusul ke Toko Buku antik di jalan Kwitang” sahut Joko.
“ngapain kamu nyari buku antik? Tumben baca buku…” Jawab ibu bingung.
“Nyari buku santet, udah ya lagi sibuk nih” jawab Joko sambil nutup telpon.
“Siapa yang nelpon, Joe?” Tanya Siska.
“Ini ka…calon mertua lo…EH maksudnya nyokap gue…” Jawab Joko keceplosan.
“ah najong abis, iyuwh!” jawab siska dengan pipi memerah (bukan karna make blas on tapi karna malu)
Gak lama, Alfred dateng dengan membonceng Sihab.
“Cielah kenyang nih ditinggal berdua doing hahahaha” sahut Sihab.
“Kemaren sih bilangnya ogah pas diajak, eh sekarang paling tepat waktu hahaha” tambah Alfred.
“Apasih Fredo, Sihab…jijik gue ama Joko, liat aja kumisnya ih kayak lele” jawab Siska
“awas entar ada yang ngambek lohh ngomong gitu” sahut Alfred.

Mereka berempat pun nyari Buku. Gak kerasa waktu begitu cepat berlalu, nyari buku bekas juga lama, soalnya banyak buku bagus tapi harganya miring. Kualitasnya jangan ditanya, ya barang bekas gimana sih kualitasnya au penulis juga bingung. Setelah lama berkutat dengan pencarian buku, dan makan siang. Joko pun mengantar Siska pulang. Sesampainya di gerbang rumah Siska, tiba-tiba Siska ngomong :
“Eh jok, besok-besok manggil gue icha aja yaa…” sahut siska dengan manja.
“Iyadeh biar gak salah sebut hehehe” jawab Joko salting.
“Makasih ya Jok buat hari ini, kapan-kapan nonton film ya…” sahut siska
“eh boleh…boleh…sis…eh…cha” jawab Joko makin salting.
“Jangan kegeeran jadi cowok dong, karna lo udah nganterin gue hari ini, besok-besok gue temenin kalo mau jalan” sahut Siska ketus.
“Iya iya enggak kok cha, yaudah gue pulang dulu ya..titip salam ke komandan, eh Bokap lo” jawab Joko.
“Hati-hati ya Jok…kabarin kalo udah sampe heheh” jawab Siska caper.
“jangan kegenitan jadi cewek, entar lo bilang gue kegeeran” sahut Joko balikin.
“Anjrit ini orang, gue dibales…gangerti basa-basi apa?”
“yaudah deh ah gue cabut dulu, capek gue seharian gemeteran deket lo” sahut Joko.
“Emangnya gue alat pijet?” jawab Siska. Tapi Joko udah keburu kabur.
***
     Sampai dirumah Joko ke kamar terus nyetel lagu, kali ini yang disetel bukan lagu metal, tapi lagu cinta. Ibunya baru pulang dari kantor kaget ngeliat anaknya 180 derajat berubah. Biasanya kayak anjing rabies, sekarang jadi jinak. Senyum-senyum sendiri pula. Tapi Ibunya tau kalo Joko lagi jatuh cinta, makanya dibiarin aja anaknya. Joko pun tenggelam didalam bayang-bayang seorang Siska dengan rambut panjangnya. Joko mencoba mengingat wanginya, senyumnya, muka bête-nya, bibirnya, giginya, organ tubuhnya…oke Joko bukanlah seorang sindikat penjualan organ.  Joko pun buka hapenya dan chat Siska, bilang kalo dia udah nyampe. Tapi karena udah keburu kecapekan, dia ketiduran.
     Besok paginya, Ibunya lagi ada diruang tengah sambil baca buku album. Joko penasaran ngeliat album apa yang dibaca ibunya.
“Ma, lagi baca buku apaan?” Tanya Joko
“ini, album keluarga…lagi bongkar lemari, eh nemu ginian” jawab Ibu.
Joko memperhatikan dengan seksama, ada foto dia, Ibunya dan Bapaknya. Sementara Adiknya Irfan jelas-jelas belom ada di foto itu karena emang belom lahir. Diliat Bapaknya Joko orangnya rapih, pokoknya dandanannya keren banget deh buat jamannya.
“Ma, Papa tuh meninggalnya kenapa sih?” Joko nanya lagi.
“………” Ibunya diam.
“Ma, Joko nanya…Papa meninggalnya kenapa sih?” Joko ngegas.
“Udahlah Joko kamu sarapan dulu sana udah disiapin ama pembantu, entar keburu dingin..” jawab Ibu mengalihkan.
“Kenapa sih Ma, tiap Joko nanya soal itu, pasti gamau jawab?” Joko makin ngegas.
“………” Ibu Joko cuman menghela napas.
“Kok cuman diem? Berasa lagi ngomong ama patung…” sahut Joko.
“Sebenernya, Papa kamu belum meninggal, Ko…” jawab Ibu.
“Lah kok mama baru bilang sekarang sih? Kenapa bilang udah meninggal? Kan kalo kayak gini Joko mungkin aja masih bisa ketemu kan!” sahut Joko sambil meneteskan air mata.
“Papa kamu itu pengusaha Joko, dulu waktu kamu masih kecil,Irfan juga masih di kandungan, kita sekeluarga masih belum kaya, masih melarat…dia malah meninggalkan kita,pergi ke Riau alasannya ada proyek, tapi Mama gapernah dikirimin uang ataupun kabar….pas balik ke Jakarta dia udah punya istri baru…Bapak kamu itu bajingan Joko…” jawab Ibu sambil nangis.
Joko jongkok di lantai, sambil nangis tapi nahan.
“Mama sampai bela-belain dulu kerja jadi SPG, buat biaya-in kuliah biar bisa dapet pekerjaan bagus, tapi papa kamu boro-boro nemuin mama, telpon aja enggak padahal waktu itu kan Irfan baru aja lahir, kebayang dong repotnya ngurusin anak satu SD satu bayi, sambil kuliah?? Alhamdulilah sekarang kita hidup berkecukupan, gak kayak dulu, malah bisa dibilang kita kaya kalo di banding dulu, sekarang Bapak kamu katanya tinggal di Singapore” sahut Ibu.
Joko tiba-tiba ke kamar, make Jaket hitamnya dan ke garasi, dia nyalain motor dan pergi gapake pamit ke ibunya. Ibunya memahami kalo Joko lagi kesel makanya dibiarin aja Joko pergi. Joko, berhenti di jembatan, dia marker motor….duduk di pinggiran jembatan. Sambil melamun kesel, dinyalakannya rokok. Joko ngisep rokok sambil ngeliatin burung di langit. Pikirnya enak kali ya jadi burung, bebas tinggal terbang kesana kemari gak harus mikirin masalah yang kayak aliran sungai, dateng terus gapernah berhenti. Tiba-tiba hapenya bunyi nunjukin notif chat dari Siska :
“JOKO, SEMALEM GUE KETIDURAN NIH, BARU BACA CHAT LO HEHE MAAF YA….ENTAR MALEM KAN MALEM MINGGU, GIMANA KALO KITA NONTON AJA? TAPI JANGAN AJAK YANG LAIN…”
“AYO DEH CHA, KEBETULAN GUE LAGI BETE….LAGI BANYAK MASALAH, GUE JEMPUT APA GIMANA NIH?” jawab Joko.
“KENAPA SIH? CERITA DONG SIAPA TAU GUE BISA BANTU, JEMPUT LAH…COWOK APAAN SIH LO” jawab Siska.
“IYADEH NANTI KALO SEMPET GUE CERITA, MANJA AMAT SIH LO JADI CEWEK” jawab Joko.
“IH JUTEKAN LO DARIPADA CEWEK, TEGA BANGET SIH JOK :(“
“LAGIAN GUE MAU PERGI DULU CHA…” jawab Joko.
“MAU KEMANA? KATANYA TADI MAU NONTON, GIMANA SIH” jawab siska ketus.
“KE HATIMU <3 HAHAHAHA” jawab joko gombal.
“OH” Siska cuman jawab Oh.
Pikir Joko, kayaknya siska udah bête dijawab kayak gitu chat-nya, tapi gak lama hapenya bunyi lagi…
“TAPI JANGAN LAMA-LAMA YA DI HATIKU, NANTI AKU SUSAH MOVE ON ;D” jawab lagi siska dengan penuh kegenitan.
“LU ATUR DEH SEBRENGSEK OTAK LO” jawab Joko
“IH KASAR AMAT SIH, GAMAU TAHU JEMPUT ENTAR, PERASAAN LO KEMAREN SALTING TERUS AMA GUE SEKARANG UDAH BERANI GOMBAL” jawab Siska.
“ITU KAN KEMAREN…CHA :)”
   Joko memasukan hapenya kembali ke kantong celana, dan menyalakan motornya sambil tersenyum. Emang mungkin hidupnya gak lengkap kayak anak-anak lain yang ibu bapaknya masih akur, tapi kalo dipikir-pikir hidupnya berkecukupan masih bisa jalan sana-sini, masih bisa makan enak. Gapapa Joko punya Bapak tapi berasa gapunya Bapak selama masih punya orang-orang yang setia ngisi kehidupannya. Masih punya temen yang setia, masih punya Ibu yang biarpun sibuk tapi masih bisa mahamin Joko, masih punya Adek yang bawel, dan yang pasti masih punya Siska, yang entah kenapa bikin Joko gak kaku lagi ama cewek.

Sekarang cuman Joko ama Motornya, dan burung-burung di langit yang bebas terbang kesana kemari.


-Kops-
Capek tau kuliah

Thursday, April 24, 2014

Dokumentasi Singapore (pt.2)



     

    Hello again, gue mau ceritain nih perjalanan gue yang kedua di Negara Singa muntah aer (baca : Singapore) padahal sebenernya gue mintanya ke Hong Kong tapi dikasinya kesini. Yaudahlahya kalo kata anak sekarang yang penting gue Mudik.

    Gue disana sekitar tiga hari, dan udah merasa betah, di kali yang kedua ini gue merasa lebih betah karna jalan sesuai kemauan sendiri, gakayak pas pertama kali gue dipaksa ikutan rombongan tante gue. Masa ke Singapore cuma buat belanja, belanja mah di Senayan City aja banyak diskon ngapain jauh-jauh nyebrang pulau. Kriteria pendorong gue dalam pergi ke negara orang tuh ada empat, yaitu :

1.Situs Sejarahnya atau Museum nya
2. Kebudayaan aslinya
3.Kulinernya
4.Transportasinya

Sayangnya dari keempat kriteria itu menurut gue Singapore gapunya kebudayaan asli, yaiyalah orangnya Multi etnis pendatang semua.

 Anyhow, pas gue kembali menginjak lantai bandara changi pas lagi adegan pemeriksaan imigrasi masa cuman gue yang lama meriksanya. Passport gue dibolak-balik, abang imigrasinya gapercaya akan muka gue. (karna gue tau gue gantengan sekarang daripada dulu)






 *ket : Selfie pertama gue di negeri orang








   Singkat kata gue langsung menuju ke hotel gue menggunakan MRT (Mass Rapid Transportation) yakalo disini emang belom punya ya, disini adanya kereta Commuter Line yang suka ngaret. Bis disono juga bagus-bagaus gak kayak disini nih, 62 yg biasa gue pake buat pulang sekolah bodinya udah keropos terus sopirnya senantiasa ngerokok Rokok kretek pula eh tembakau nya nyangkut di gigi pas nyengir. Kok jadi melenceng amat yak.



MRT yang gue naekin lagi kosong hari itu, maklum lah hari libur pas siang, Orang Singapore juga males jalan-jalan siang panas soalnya.
 Turun dari MRT gue turun di stasiun Kallang, dari situ gue mesti jalan ke hotel gue di Geylang Road (bukan Serangoon Road ye) Dijalanan itu panas banget, ya sama lah kalo lagi liburan di Bangka Belitung panasnya kayak apaan.

gue gatau itu apaan artinya, mama minta pulsa                                  mungkin

        Sesampainya gue di Hotel, gue kayak bocah yang baru pertama kali liat keluar jendela....Suasananya kalo dari jendela kamar gue kayak di Semarang *Loh* abis pas gue dapet daerah yang banyak cinanya. Meskipun tukang minimarket disini India semua isinya. hehehe btw orang India disini baik-baik loh asal lo doyan aja makanannya kayak Nasi Briyani atau Roti prata.


 Abis sholat zuhur dan istirahat sejenak gue pun tidur-tiduran di kamar hotel sambil nonton pelm India. Abis itu gue jalan lagi dan kearah Orchard Road....hehehehe
  Orchard Road, ibarat daerah pusatnya Mall di  Singapore, gimana enggak sederetan isinya Mall semua, nah sebenernya gue kesini tuh buat nyari es krim doang yang harganya satu dollar. 




Wedew es krim ginian doang ngantrinya ampe kayak nonton film The Raid 2 berandal pas tayang perdana di Bioskop, panjang amat. Yang jual dong liat mukenye mirip yang di daerah Glodok hehehe

(Bersambung ke part 3)